Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Kegiatan Prakerin Terhadap Kompetensi Kewirausahaan Siswa Kelas XII di SMK N 1 Rejang Lebong
Panduning Hutami, Nikku and Ifnaldi, Ifnaldi and Sumarto, Sumarto (2022) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Kegiatan Prakerin Terhadap Kompetensi Kewirausahaan Siswa Kelas XII di SMK N 1 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 8 (3). pp. 79-94. ISSN E-ISSN: 2656-3320 P-ISSN: 2745-5440
Text
402-Research Results-1492-1-10-20220922.pdf - Published Version Download (527kB) |
|
Text
PR 25.pdf - Supplemental Material Download (440kB) |
Abstract
Kompetensi kewirausahaan merupakan salah satu pencapaian yang dituntut ada dalam diri seorang siswa kelas XII SMK, karena didalam kurikulum pembelajarannya terdapat mata pelajaran mengenai kewirausahaan serta melalui kegiatan prakerin di kelas XI siswa dituntut untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan langsung di dunia industri. Namun pada kenyataannya kompetensi siswa kelas XII di SMK N 1 Rejang Lebong masih belum optimal, banyak faktor yang menjadi penyebabnya salah satunya adalah dari proses pembelajaran kewirausahaan itu sendiri di dalam kelas serta berjalannya kegiatan prakerin di dunia industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bagaimana pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap kompetensi kewirausahaan siswa kelas XII di SMK N 1 Rejang Lebong; 2) bagaimana pengaruh kegiatan prakerin terhadap kompetensi kewirausahaan siswa kelas XII di SMK N 1 Rejang Lebong; 3) bagaimana pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan kegiatan prakerin terhadap kompetensi kewirausahaan siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Rejang Lebong.Penulis menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan atau status fenomena. Responden adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Rejang Lebong berjumlah 90 dari total populasi 359 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Rejang Lebong dengan menggunakan metode proportional stratified random sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket. Teknik analisis regresi berganda dan korelasi pearson adalah teknik yang digunakan untuk menganalisis data.Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh terhadap kompetensi kewirausahaan siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Rejang Lebong, 2) Kegiatan prakerin berpengaruh positif terhadap kompetensi kewirausahaan siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Rejang Lebong, 3) Pembelajaran kewirausahaan dan kegiatanprakerin secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kompetensi kewirausahaan siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Rejang Lebong. 63,9 persen kompetensi kewirausahaan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Rejang Lebong dipengaruhi oleh variabel pembelajaran kewirausahaan dan kegiatan magang, sedangkan sisanya 36,1 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Keterampilan kewirausahaan siswa ditemukan lebih kuat dipengaruhi oleh variabel pembelajaran kewirausahaan daripada variabel aktivitas prakerin. Temuan ini dapat diamati pada hasil uji-t, di mana ada 5.046, dan 2.027 kegiatan prakerin
Item Type: | Article | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kewirausahaan, Kegiatan Prakerin, Kompetensi Kewirausahaan | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | Mr Emeraldo Nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 04 May 2023 04:10 | ||||||||
Last Modified: | 04 May 2023 04:10 | ||||||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1591 |
Actions (login required)
View Item |