Penerapan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMPN 2 Rejang Lebong

Rizal, Syamsul (2023) Penerapan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMPN 2 Rejang Lebong. Jurnal Al-Ittishol, 4 (2). pp. 194-204. ISSN 2721-964X Online: 2721-9631

[img] Text
1066 - Published Version

Download (31kB)
Official URL: https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/itti...

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini belum tingginya tingkat motivasi belajar siswa yang ditandai dengan belum maksimalnya hasil belajar siswa di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian terkait bentuk komunikasi antarpribadi yang diberikan guru kepada siswa dalam memotivasi belajar dan apa saja yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif, pada penelitian ini digambarkan sebuah fenomena lapangan melalui pengamatan langsung dan dilakukan wawancara pada subyek yang telah ditentukan. Dan hasil penelitian ini memaparkan bahwa bentuk komunikasi antarpribadi yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar yakni pesan komunikasi verbal dan pesan komunikasi non verbal sedangkan yang dilakukan guru dengan cara menerapkan dengan melakaukan metode bercerita, memutarkan video, menggunakan reward, adanya quis, memberikan bimbingan secara pribadi.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Rizal, Syamsulsyamsulrizal@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:08
Last Modified: 14 Aug 2023 04:08
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item