Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI
Khair, Ummul (2018) Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1). p. 81. ISSN 2580-3611
Text
261-1948-1-PB-Ummul Khair.pdf - Published Version Download (243kB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesis dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran berbasis teks. Teks merupakan ungkapan pikiran manusia yang lengkap yang di dalamnya memiliki situasi dan konteks. Dalam pembelajaranya menggunakan empat tahapan, yaitu membangun konteks, membentuk model, membangun teks bersama-sama/kelompok, dan membangun teks secara individual atau mandiri. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model yang sesuai. Ketercapaian KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 ditentukan oleh ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4. Bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan. Penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna. Bahasa bersifat fungsional, artinya penggunaan bahasa yang tidak pernah dapat dipisahkan dari konteks, karena bentuk bahasa yang digunakan mmencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi pemakai/penggunanya. Bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia | ||||
Depositing User: | Administrator Repository | ||||
Date Deposited: | 25 Nov 2019 08:29 | ||||
Last Modified: | 25 Nov 2019 08:29 | ||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/55 |
Actions (login required)
View Item |