Madrasah Bermutu Berbasis Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong
Sandi, Ria and Ifnaldi, Ifnaldi and Warlizasusi, Jumira (2022) Madrasah Bermutu Berbasis Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (4). pp. 1352-1368. ISSN P-ISSN: 2620-5807; E-ISSN: 2620-7184
Text
1218-4360-1-PB.pdf - Published Version Download (264kB) |
|
Text
Turnitin 1.pdf - Supplemental Material Download (3MB) |
|
Text
Artikel 20.pdf - Supplemental Material Download (351kB) |
Abstract
Berbicara tentang Madrasah adalah sesuatu yang amat menarik di era kontemporer. Mengingat Madrasah adalah bagian dari sistem pendidikan nasional yang lebih dekat dan lebih dikenal oleh Masyarakat dibandingkan pendidikan formal lainnya. Menurut analisis ahli pakar pendidikan, madrasah juga lebih strategis pada pencapain PUS-EFA (Pendidikan untuk semua/Education For All), karena dalam hal pembiayaan madrasah lebih ringan/murah dan bisa dijangkau oleh masyarakat banyak (grass root). Itulah sebabnya madrasah semakin menemukan signifikansinya dalam kompetesi global pada saast ini, maka madrasah bisa dikatakan sebagai lembaga pendidikan Islam formal yang sangat berperan di masyarakat terutama memberantas buta huruf di Indonesia. Agar tetap eksis pada peraturan global, madrasah perlu menerapkan cara agar bisa berdaya dan bermutu. Cara yang dapat dilakukan di bidang manajemen/pengelolaan di madrasah agar mencapai madrasah yang bermutu ialah “Manajemen Mutu Terpadu”. Dalam hal ini, manajemen mutu terpadu berpegang pada pengelolaan bermacam sumber daya dan potensi yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan secara sempurna/total (terpadu) dan saling terikat satu dangan yang lainnya untuk memajukan dan mengembangnkan madrasah agar menjadi lembaga pendidikan yang bermutu dan memiliki nilai jual yang tinggi. Pada pembiayaan, manajemen mutu terpadu tidak selalu mengandalkan dana/biaya yang besar, akan tetapi memanfaatkan secara optimal potensi yang ada. Maka peran pemimpin madrasah/sekolah diperlukan untuk mengarahkan pengelolaan berbagai potensi yang ada pada Madrasah/sekolah untuk mencapai sumber daya yang bermutu.
Item Type: | Article | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Madrasah bermutu, Manajemen Mutu Terpadu, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Administrator Repository | ||||||||
Date Deposited: | 03 May 2023 03:09 | ||||||||
Last Modified: | 07 May 2023 07:10 | ||||||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1538 |
Actions (login required)
View Item |