Penerapan Manajemen Trilogi Pendidikan Dalam Pendidikan Anak di SDN 01 Desa Embacang

Yanto, Murni (2022) Penerapan Manajemen Trilogi Pendidikan Dalam Pendidikan Anak di SDN 01 Desa Embacang. Jurnal Literasiologi, 8 (1). pp. 166-175. ISSN 2656-3320

[img] Text
356 - Published Version

Download (30kB)
[img] Text
13. TURNITIN PENERAPAN MANAJEMEN TRILOGI PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN ANAK DI SDN 01 DESA EMBACANG.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php...

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari guru yang dinilai sangat penting dalam perkembangan anak dan dunia pendidikan. Segala hal yang dilakukan guru adalah contoh bagi anak-anak oleh sebab itulah guru dalam melaksanakan pembelajaran perlu dengan lebih efektif seperti menggunakan konsep trilogy Ki Hadjar Dewantara, dimana di konsep ini memuat tiga hal yaitu : Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen trilogi pendidikan Ki Hadjar dewantara di kelas III serta kendala-kendala dalam penerapan tersebut di SDN 1 Desa Embacang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dimana menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, metode penelian ini purposive sampling. Hasil dari penelitian Penerapannya seperti guru memberikan contoh sikap sopan santun serta perilaku baik dilingkungan sekolah dan di luar sekolah. Hanya saja kendala penerapan ini dikarenakan kurangnya timbal balik dari anak. Kendala Pertama masalah ekonomi keluarga,kedua pengaruh teman sebaya,ketiga kurang perhatian orang tua

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Yanto, MurniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Trilogi Pendidikan, SDN 1 Embacang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mrs Maisona Maisona
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:12
Last Modified: 27 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item