Analisis kesiapan program moderasi beragama di lingkungan sekolah/madrasah

Harmi, Hendra (2022) Analisis kesiapan program moderasi beragama di lingkungan sekolah/madrasah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7 (1). pp. 89-95. ISSN 2541-3317

[img] Text
1748 - Published Version

Download (41kB)
[img] Text
PEER REVIWER JPGI Vol.7 No.2 (2022).pdf - Supplemental Material

Download (527kB)
[img] Text
TURNITIN Analisis kesiapan program moderasi beragama di lingkungan sekolah_madrasah.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/vi...

Abstract

Sekolah/madrasah dianggap sebagai lembaga pendidikan yang efisien untuk membangun nada moderat dalam pandangan dan tindakan keagamaan. Potret dan metode pendidikan harus dipromosikan dan diekspos kepada khalayak luas untuk menjadi prototipe dan model bagaimana moderasi beragama dibina pada siswa. Artikel ini membahas bagaimana sekolah/madrasah dipersiapkan untuk menjalankan program Moderasi Beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan sekolah/madrasah, ASN, dan pelaksana kebijakan dalam memenuhi maksud dan tujuan program moderasi beragama di lembaga pendidikan. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dalam penelitian ini. Kuesioner terbuka menyediakan alat pengumpulan data. Temuan studi menunjukkan bahwa sekolah/madrasah masih belum sepenuhnya siap untuk melaksanakan program moderasi beragama. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya indikator yang belum terpenuhi oleh beberapa sekolah/madrasah untuk mensukseskan program moderasi beragama yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama Pendidikan Moderasi Peran Sekolah dan Madrasah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Bimbingan Konseling Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 10:25
Last Modified: 17 Jan 2023 09:08
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item