Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami
Warsah, Idi and Uyun, Muhamad (2019) Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islam UIN Raden Fatah Palembang, 05 (01). pp. 62-73. ISSN 2549-6468
Text
3157 - Published Version Download (38kB) |
|
Text
PEER REVIEW.pdf Download (116kB) |
Abstract
Pembahasan tentang perilaku pendidik telah banyak dikaji dalam penelitian baik dari studi literatur maupun empirik, namun sejauh ini belum ada penelitian yang secara spesifik mengkaji tentang kepribadian pendidik yang dibutuhkan oleh proses pendidikan kekinian ditinjau dari aspek Psikologi Islami. Berangkat dari penelusuran di atas, artikel ini bertujuan melakukan studi tentang hal tersebut. Berdasarkan telaah dan analisis isi literatur yang digunakan sebagai rujukan studi ini diperoleh simpulan bahwa, untuk menjadi pendidikan yang paripurna setiap pendidik harus memiliki kepribadian seperti: selalu mendekatkan diri kepada Allah dalam situasi dan kondisi apapun; menguasai ilmu pengetahuan yang luas; cerdas, jujur, amanan dalam menjalankan tugas, sabar dan iklas dalam membimbing siswa, kreatif dalam memilih metode pembelajaran, dapan menjadi teladan, terbuka terhadap krikit, berwibawa, adil, tidak diskriminatif, menyenangkan, dan berbicara santun. Kepribadian ini dapat disebut dengan kepribadian muṭma’innah dalam psikologi Islami, yakni kepribadian yang diikat oleh keyakinan kuat kepada Allah dengan menjalankan ajaran agama.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian, Pendidik, Psikologi Islam | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||
Divisions: | Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||
Depositing User: | Users 11 not found. | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2021 01:56 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2021 01:57 | ||||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/394 |
Actions (login required)
View Item |